Rabu, 23 April 2008

Sejarah Ki Ageng Perwito

Sejarah Ki Ageng Perwito
Ki Ageng merupakan ank ke-4 dari Sultan Trenggono yang Bergelar Syeh Alam Akbar Ke-3,sesurutnya kerajaan Demak beliau mengabdi sebagai Pujangga & Panglima Perang Kerajaan Pajang,Sultan Hadiwijaya yang merupakan adik iparnya.
Pada waktu Danang Sutawijaya mengadakan makar terhadap kerajaan Pajang,beliau diutus untuk menyelesaikn masalah tersebut,sehingga terjadi perang tanding. Karena sama-sama saktinya maka tidak ada yang menang.
pada waktu samadi beliau kemudian ketemu Kanjeng Sunan Kalijaga, sehingga beliau diutus untuk mendiami suatu daerah di timur delanggung besar kemudian dikenal Delanggu,yaitu desa Ngreden.
Disana beliau kemudian madeg menjadi juru kasepuhan hingga akhir hayatnya. Yaitu menjalani tapa ngluweng selama 4 tahun 41 hari sampai beliau muksa.
Beliau meninggalkan pesan sebagai berikut: "Sapa wae anak cucuku sing nandang kasusahan maraa mrene bakal dakwenehi pepadang tak suwunake Pangeran lantaran sliraku."

17 komentar:

Jumaroh mengatakan...

Mas...Mbak Sampean Sinten...?
Aku pengen ngerti kabar2 ngreden.
Perkembangane?
Kenalan yuuuuuk...
Aku Aroh.
Ngreden RT 12
Hp : 081351279539
Emailku : jum.aroh@yahoo.com

cakra67 mengatakan...

ak wng temanggung ak dwe konco wng ngeden rt/i
salam kenal jga... jenengku cokro....
emailku:cakra714@gmail.com
alfahisenda@yahoo.co.id
FB:

http://facebook.com/alfa.hisenda

cakra67 mengatakan...

maaf maksudnya ak dwe konco wong ngreden RT/1

MAN Model Manado (Akreditasi A) mengatakan...

Nampaknya sejarah dari Ki Ageng Perwito ini agak berbeda dengan beberapa literatur yang saya baca. Disini dikisahkan kalau Ki Ageng Perwito itu adalah Sunan Prawoto yang setelah runtuhnya Demak lantas mengikuti adik iparnya (sultan Hadiwijaya) dan menjadi panglima perang kerajaan Pajang. Padahal menurut beberapa literatur (termasuk dari Wikipedia) mengatakan bahwa Sunan Prawoto ini merupakan raja Ke 4 (Raja terakhir) dari kerajaan Demak Bintoro (menggantikan ayahnya Sulatan Trenggono) memerintah selama 3 tahun (1546 - 1549), yang akhirnya dibunuh oleh Aryo Penangsang. Sunan Prawoto alias Panembahan Prawoto alias Syeh Alam Akbar III, dengan nama kecil Raden Mukmin.
Tolong artikel sejarah Ki Ageng Perwito ini bisa disebutkan Literaturnya dari mana?

Unknown mengatakan...

salam hangat buat sedulor Ngreden...

kenalkan nama saya surono..asli Dukuh Ngasem,Kel Ngreden..Rt14 Rw Lupa..hehe
saya sampai hari ini berdomisili di bekasi barat,,tepatnya di samping Mega mall bekasi

saya sangat kangen dengan tempat saya lahir...Ngasem, Ngreden...

email saya suronoani@gmail.com atau WA 087 88 333 74 77

salam kangen saudaraku

wong Ngreden

Unknown mengatakan...

SALAM HANGAT, SALAM KENAL BUAT SAUDARAKU NGREDEN DIMANAPUN BERADA KHUSUSNYA JABODETABEK

KENALKAN SAYA NGIRFAN ASLI PUTRA NGREDEN WETAN RT.10
TINGGAL DI MUSTIKA JAYA, BEKASI TIMUR
SALAM KANGEN SAMA SAUDARAKU SEMUA
ALAMAT EMAIL ngirfantumenggung@gmail.com

Anonim mengatakan...

Mustika jaya kel padurenan popiye ki aku lg di mex Donal zambrut

Unknown mengatakan...

Saya keturunan 11 dari Panembahan Joyoprono I (Panembahan Pruwito atau Perwito) sedang mencari makam beliau. Saya tinggal di Bekasi Utara. No HP. 085880110798.

Unknown mengatakan...

Salam kenal dulur ku🙏🙏aku Eko ngreden RT 03

Unknown mengatakan...

Waktu umur 17 thn saya diajak ibu mengunjungi makam ini, biasa orang jawa Prawoto diucapkan Perwito. Setelah 44 thn kepingin kesana lagi.

Unknown mengatakan...

Bapakku pernah cerita tentang leluhurnya yang melalukan tapa selama kurang lebih 4 tahun, saya kira itu hanya dongeng. Ternyata setelah dicek di google ada dan namanya persis yang disebutkan bapakku. Semenjak itu saya berkeinginan untuk ke sana bareng dengan bapakku untuk ziarah.
Tapi sayangnya sampai setelah bapakku telah pulang, belom sempet ke sana, tapi keinginan untuk ke sana tepat ada....Insyaa Allah jika ada waktu dan rejeki akan ke sana.

MUBIN JAYA mengatakan...

Siapa namanya Mas.mungkin kita ketemu di silsilah joyoprono ini.no saya 081907627635.saya keturunan joyoprono di lombok nama Mubin Jaya

MUBIN JAYA mengatakan...

Siapa nama ayah panembahan Joyoprono pak?

Unknown mengatakan...

Sunan Prawoto atau sunan Mukmin.

Unknown mengatakan...

Monggo yg tau bisa di luruskan sejarah tentang ki ageng perwito/ki ageng prawoto.....

Unknown mengatakan...

Kalau menurut saya lidah orang Jawa itu simpel, contoh kalau di tindak pundi Pakde, jawab ten dul mriku, kalau manggil Prawoto mungkin jadi perwito, kira2 demikian saudaraku, mbah buyut saya juga di makamkan di ngreden deretan sama ki Ageng perwito.

teddyoctavin mengatakan...

Salam kenal
Saya keturunan dari Eyang Puspa Ngasem ngreden, menurut keterangan eyang saya adalah keturunan Beliau